Penataan Rumah Minimalis

PENATAAN RUMAH MINIMALIS


Suatu permasalahan terbatasnya dana sudah tidak relevan lagi sebagai dasar memiliki rumah berukuran mungil. Keterbatasan lahan, apalagi dikota-kota besar, menuntut masyarakat untuk berhemat dalam pembangunan rumah.

Pada umumnya memiliki rumah yang praktis dan multifungsi,  nyaman untuk ditinggali. Bukan lagi hal baru jika gaya minimalis kerap di terapkan,digandrungi sehingga rumah-rumah mungil pun tetap mempunyai seabrek fungsi. Living in the box, mungkin itulah ungkapan yang cocok.

 Dalam rumah mungil hanya terdapat fungsi pokok sebagai rumah. Kini rumah mungil tidak selalu berarti kaku, sumpek, sempit. Sebenarnya, rumah mungil dapat ditata dengan interior yang tepat supaya terlihat nyaman dan terkesan luas.

TIPS PENATAAN RUMAH MINIMALIS

1* Desainlah rumah mungil sebagai cerminan  gaya hidup kita. “Interior ialah jiwa ,hati kita. Maksudnya, sesuaikan desain interior rumah kita dengan karakter dan gaya hidup kita .
Orang yang suka membawa pekerjaan ke rumah bisa saja menata ruang kerjanya sedikit berbeda dengan desain ruangan lainnya. Ini dilakukan agar mereka dapat bekerja senyaman mungkin.

2* Ruang sempit dapat memberikan aksen yang luas jika kita mempertimbangkan pilihan warna cat,keberadaan cermin dan kaca, serta minimnya aksesori.
Warna ,Penyesuaian warna sebaiknya menjadi pilihan kita ketika mengecat rumah. Jadi jangan memilih warna-warna berlebihan atau berat karena akan memberikan kesan sempit pada ruangan. Pilihlah warna yang dapat memberikan kesan ringan dan teduh. Harus diingat, pilihan warna cat ini pun  disesuaikan dengan fungsi ruangan. Warna yang lembut dan ringan,cerah menyiratkan suasana yanag cerah ,gembira.

3* PENERANGAN, lampu pun tidak sepatutnya dilupakan.Cahaya lampu,, hanya ada dua, yaitu kuning dan putih.Cahaya putih dari lampu neon, misalnya, lebih memberikan kesan dingin,formal, dan tidak alami. Adapun warna kuning berkesan lebih hangat,segar, alami, dan romantis.

*4Ventilasi kaca yang membatasi bagian dalam rumah dengan ruangan di luarnya pun mempengaruhi kesan pandangan yang ditimbulkan. “Adanya kaca membuat kita bisa melihat keluar. Hal ini, secara psikologis,memberikan kesan bahwa ruangan lebih luas.
Ventilasi kaca membuat sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Nuansa ruangan dapat mengalir ringan jika sinar matahari leluasa masuk dan pandangan mata lepas ke halaman.

 5* Furnitur rumah yang mungil, sebaiknya pula memilih furnitur yang kalem dan simpel. yang dipilih pun dianjurkan memiliki warna yang mendekati warna dinding sehingga tidak terkesan berat dan sempit.  

6* Pemasangangan wallpaper, pakailah motif dan berwarna ringan. Corak lekukan daun yang lebar-lebar,misalnya,  Warna polos dengan garis tipis-tipis dan kotak kecil-kecil  dapat mengistirahatkan pandangan dan pikiran kita sehingga menjadi rileks.
Jarak lantai dan plafon mempersempit ruang gerak kita.Luasnya jarak antara lantai dan plafon justru membuat kita lebih leluasa bergerak dan sirkulasi udara pun lancar.

 Kebutuhan ruang, dan peningkatan kualitas hidup adalah beberapa di antaranya. Akan tetapi,yang perlu diingat dalam merenovasi adalah mengenali rumah kita terlebih dulu, menghitung kebutuhan ruang, dan menentukan skalaprioritas.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Desain Rumah Minimalis dengan judul Penataan Rumah Minimalis. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://funyrosana.blogspot.com/2012/12/penataan-rumah-minimalis.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Agung Sulistyadi - Jumat, 28 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Penataan Rumah Minimalis"

Posting Komentar